Bagi Siswa
1. Siswa harus membaca jurnal ini dengan seksama.
2. Siswa harus mengisi data/informasi pada setiap bagian jurnal ini.
3. Siswa melakukan PKL dengan tujuan mencapai semua ketrampilan yang ditulis dalam jurnalnya.
4. Siswa bertanggung jawab memastikan pembimbing di tempat PKL membaca jurnal ini, kemudian mengisi dan memberi paraf.
Bagi Guru Pembimbing
1. Guru membaca jurnal ini dengan seksama.
2. Guru membimbing siswa dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dalam jurnal ini.
3. Guru mengadakan hubungan baik dengan industri terkait sesuai dengan komitmen sekolah dan DU/DI atau Instansi Rekanan.
4. Guru memonitor kemajuan siswa di tempat PKL dengan cara mengamati siswa praktik dan selalu memeriksa jurnal ini kemudian mendiskusikan dengan instruktur/pembimbing PKL dan Peserta PKL.
Instruktur/Pembimbing DU/DI atau Instansi Rekanan
1. Bekerja sama dengan sekolah dalam menentukan kegiatan-kegiatan atau keterampilan yang dapat dipraktikan oleh peserta PKL.
2. Memberikan dukungan pelaksanaan PKL dengan menyediakan fasilitas sesuai dengan kegiatan/ketrampilan yang ada.
3. Memberikan bimbingan dan pelatihan pada peserta PKL.
4. Memberikan penilaian kepada peserta PKL sesuai dengan format yang ada dalam jurnal.
5. Bersama-sama dengan sekolah mengeluarkan sertifikat pengakuan kemampuan siswa yang telah menyelesaikan prakerin.
PETUNJUK PENGISIAN JURNAL PKL
Untuk Sinkronisasi Kompetensi
1. Menulis kode kompetensi pada kolom kode kompetensi berdasarkan praktik yang dilakukan dalam pelaksanaan PKL. Pengisian kode kompetensi merujuk pada lampiran sesuai jurusan masing-masing.
2. Kolom isian untuk satu bulan, diisi berdasarkan tanggal menggunakan turus dengan menghitung jumlah banyaknya kegiatan yang dilakukan perhari.
3. Modus Kompetensi adalah kompetensi yang paling banyak dilakukan per-setiap hari sesuai dengan jurusan yang ditempuh selama sekolah.
Untuk Catatan Aktivitas Harian
1. Menulis hari dan tanggal yang sesuai pada Sinkronisasi Kompetensi.
2. Pada Modus Kode Komp. diisi berdasarkan jenis pekerjaan yang paling banyak dilakukan per-setiap hari yang dituliskan pada Sinkronisasi Kompetensi.
3. Deskripsikan tahapan pekerjaan yang dilalui berdasarkan kompetensi yang dituliskan pada Modus Kode Kompetensi secara menyeluruh.
4. Jika memiliki jenis pekerjaan dengan jumlah pekerjaan terbanyak lebih dari satu, ambil yang paling dikuasai.